ESAMOTOR.COM - Drag race adalah balap motor yang melibatkan dua pembalap dalam 2 jalur drag yang berlomba melaju dari garis start menuju garis finish. Sama dengan balapan umumnya pemenang adalah pembalap yang mampu mencapai garis finish terlebih dahulu. Kata drag sendiri berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna menyeret atau ngebut.
Menurut Ikatan Motor Indonesia (IMI) drag race(bike) adalah kejuaraan mengendarai sepeda motor dengan
kecepatan tinggi yang dilakukan didalam sebuah lintasan pacu aspal yang
tertutup yang terdiri dari dua buah jalur lurus sejajar dengan panjang yang
sama.
Garis Start sampai dengan Garis Finish sepanjang 201 meter dan
panjang lintasan pengereman sepanjang 201 meter. Lebar lintasan pacu minimal 4
meter tiap jalur. Pagar pembatas penonton yang tertutup rapat, Minimal 1,5
meter dari tepi jalur.
Peserta wajib memiliki Kartu Izin Start (KIS) dari Ikatan Motor
Indonesia (IMI) untuk Kategori Balap Motor. Setiap peserta hanya diijinkan untuk mengikuti maksimal 3 kelas Utama, dan juga
setiap peserta diwajibkan memakai satu nomor start di setiap kelas yang
diikuti. Setiap peserta hanya boleh mendaftar satu kali di kelas yang sama.
Kelas-kelas Utama yang dilombakan untuk Kejuaraan Nasional Drag
Bike adalah :
Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 250 cc
Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 130 cc
Kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up : 135 cc s/d 155 cc
Kelas Bebek 125 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 125 cc
Adapun kelas-kelas lainnya merupakan Kelas Pendukung.
Dan Lomba DRAG dilaksanakan dalam 2 heat. Urutan start Heat
kedua berdasarkan hasil dari Heat Pertama. Peserta dengan waktu terkecil start
lebih dulu, untuk jalur A atau B nya ditentukan oleh panitia. Peserta yang terlambat hadir 5 menit setelah peserta terakhir didalam kelas
tersebut dianggap mengundurkan diri.
Dalam drag sendiri tidak diperbolehkan memperbaiki kendaraan di area starting,
memindahkan gigi dengan tangan, tidak diperbolehkan mengangkat kaki keatas jok,
start dilakukan dalam keadaan mesin hidup/menyala, dan peserta yang mencuri
start langsung dikenakan sanksi Diskualifikasi. Penilaiannya sendiri dihitung dengan
catatan waktu peserta, jika terjadi nilai waktu yang sama, pemenang ditentukan
dari catatan waktu yang terbaik di heat kedua, dan pemenang dilihat dari
kapasitas cc yang lebih kecil.
Motor yang sering dimodifikasi menjadi drag bike
Di Indonesia ada banyak opsi motor yang dapat dijadikan peluru 201 meter, beberapa diantaranya adalah :
1. Suzuki Satria FU 150
2. Suzuki Satria 2T
3. Kawasaki Ninja RR 150
4. Yamaha Mio
5. Yamaha RX Series
6. Yamaha Jupiter Series
7. Yamaha Force One
dll ...
Hal unik dalam dunia drag race(bike)
Bagi kalian pecinta balap drag bike, pasti tidak asing melihat pembalap yang sering memiringkan motornya. Memang sekilas terlihat pembalap melakukan aksi untuk gaya-gayaan ataupun ritual sebelum balapan dimulai. Ternyata bukan itu alasannya pembalap drag bike sering memiringkan motornya sebelum balapan dimulai
Alasan pembalap drag bike sering memiringkan motornya bertujuan untuk membasahi koplingnya. Pasalnya, drag bike biasanya diisi oli lebih sedikit dari takaran motor standar. Sehingga Dengan jumlah yang sedikit, memungkinkan kampas kopling tidak dicelup 100 persen sama oli, makanya harus dimiringkan. Alasan pengisian oli cuma 500 ml, ya karena motor drag dipakai enggak sampai 10 detik sekali start.
|
0 Comments